Thursday, December 3, 2015

Pengantar memahami nazam jauhar maknun


بسم الله الرحمن الرحيم
Dengan mengucabkan basmallah pengarang memulai,

(الحمد لله البديع الهادى *الى بيان مهيع الرشاد،)

"Segala puji hanya milik allah,yg maha menciptakan tanpa disertai contoh ,yg menunjukkan jalan kebenaran yg sangat tampak jelas(yaitu agama islam)

PEMBAHASAN

_lafadz الحمد الخ
Musannif (syeh ar arif billah abdurrahman al ahdhari) memulai mukaddimahnya dengan menyebutkan lafadz al badik' dan bayan yg demikian itu adalah badik' bara'ah istihlal,

Baraatul istihlal adalah: menyebut oleh yg berbicara pada awal pembicaraannya lafad yg menunjukkan maksudnya.
Karna musannif akan membahas penjelasan ilmu badik dan bayan

_lafadz الحمد
Ditinjau dari segi bahasa yaitu:
الثناء بالكلام على المحمود بجميل صفاته
"Yaitu memuji dengan menggunakan ucapan kepada yg dipujikan dengan kebaikan dan keindahan sifat2 yg didipujikan.

Sedang dari segi istilah:
فعل ينبئ عن تعظيم المنعم بسبب انعامه
"Perbuatan yg memberitahukan tentang keagungan dzat yg memberi ni'kmat yg diberikan olehnya"

SEDANGKAN MAKNA الشكر

secara bahasa adalah sama dengan maknanya alhamdu secara istilah, sedang syukur secara istilah adalah:

صرف العبد جميع ما انعم الله عليه الى ما خلق لاجله
Mempergunakan oleh hamba seluruh nikmat yg diberikan oleh allah pada nya kepada sesuatu yg menjadikan tujuan nikmat itu diciptakan(yaitu mencari ridha allah)

Jadi ucapan الحمد لله yg dilakukan oleh mushannif :wujud dari syukurnya kepada allah.
_lafadz البديع memiliki dua makna yaitu:
البديع للشيء  على غير مثال
1.badi'k adalah : (dzat yg menciptakan segala sesuatu tampa didahului contoh)
Dan makna ini yg dikehendaki nadzam diatas.
Maka dia atasفعيل dengan maknaفاعل

2.bermakna :
الشيء المبدع
(Sesuatu makluk yg diciptakan)timbangan فعيل bermakna مفعول

_Lafadz الهادى
Lafadz ini juga memiliki dua makna ,yaitu:
1.bermakna:

الدال على الطريقة الموصلة الى مطلوب
"Yg menunjukkan pada jalan yg bisa sampai pada tujuaan"

Lafadz ini musytarak bisa di gunakan untuk (allah) dan(orang2 yg mengajak mencari ridha allah)

_Maka inilah yg dikehendaki bait diatas.

2.bermakna:
خالق الهداية فى القلب
"Dzat yg menjadikan petunjuk didalam hati"

_Makna ini khusus kepada allah.

_lafadz البيان bermaknaالايضاح (yg menjelaskan)
Dan juga boleh dikehendaki الظهور (tampak jelas)

_lafadz الميع bermakna (jalan,yaitu agama islam)

_lafadz الرشاد bermakna   الصواب "yg benar"

(امد ارباب النهى ورسما*شمس البيان فى صدور العلما)

"(Allah) yg telah mengkaruniakan kebaikan yg banyak kepada orang yg memiliki akal,dan yg telah menetapkan penjelasan (yang bersinar terang benderang)laksana matahari didalam hati para ulama"

Penjelasan nya:

_lafadz امد masdarnya امداد yg bermakna memberi pertolongan yg berupa kebaikan yg banyak

_lafadz ارباب jamak' dari lafadz  ربّ yg dimaksud disini yg bermakna صاحب "yg memiliki"

_lafadz النهى jamak'dari lafadz نهية yg bermakna akal

_lafadz رسما bermakna اتيات
"Menetapkan"

_lafadz البيان bermakna
المنطق الفصيح المعرب عما الضمير
(Ucapan ucapan yg fasih yg mengungkapkan isi hati)

_lafadz شمس البيان makna dari lafadz ini ada tiga kemungkinan
1.tergolong mengidhafahkan musyabbah bih(yg diserupai) yaitu lafadzشمس,pada misyabbah (yg diserupakan) yaitu lafadz البيان jadi makna nya adalah:
"Ilmu bayan seperti matahari didalam hal menyinari dan mengungkapkan makna,seperti  لجين الماء "air seperti mutuara didam beningnya"

2.tergolong dalam majaz isti'arah tashrihiyah ashliyah,caranya Qaedah2 ilmu bayan diserupakan dengan matahari dengan kesamaan masing masing bisa nampak dan memperjelaskan,lalu dipinjamkan lafadz yg menunjukkan musyabbah bih yaitu lafadz assyamsu untuk lafadz menunjukkan musyabbah yaitu lafadz alQawaed dengan cara isti'arah ashliyah,sedangkan karinahnya yaitu:idhafah asyamsu kepada albayan,karna ilmu bayan itu tidak memiliki matahari yg bersinar,tetapi ia memiliki Qaedah Qaedah.jadi maknanya adalah
"Qaedah Qaedah ilmu bayan yg laksana matahari"

3.tergolong dalam majaz isti'arah mak'niah

Caranya:Qaedah Qaedah ilmu bayan itu diserupakan dengan النهار (siang dan hari),dengan kesamaan masing masing adalah tempat menampakkan dan memperjelas sesuatu.lalu dibuanglah musyabbah bih yaitu lafadz النهار lalu diisyaratkan sesuatu yang menjadi ketetapan siang hari yaitu الشمس (matahari) sedangkan kaeinahnya yaitu meng idhafahkan   شمش pada lafadz البيان ,karena wujudnya matahari bukannya dalam ilmu bayan,tetapi wujudnya matahari pada siang hari sebagai mana yang tampak di penglihatan,jadi maknanya: "ilmu bayan seperti  siang hari"

_lafad فى صدور العلماء makna asalnya adalah dada,yg dimaksud disini adalah hati,maka merupakan majad dengan dua tahap,yaitu mengucapkan tempat (dada)tetapi yg dikehendaki sesuatu yg bertempat pada dada yaitu hati(اطلاق المحل وارداة الحال ),
Pada lafadz العلماء alif lam pada  العلماء menunjukkan makna "kesempurnaan"yaitu yg "ulama yg mengamalkan ilmunya"
=hal ini mengingat kan bahwa: ilmu tidak akan menetap kecuali didalam dada yg bersih dari perbuatan dari perbuatan yg tercela dan rendah,karena ilmu hikmah (ilmu yang bermanfaat )bila tidak menemukan hati yg bersih "ia akan kembali kepada tempat asalnya"

(فابصروا معجزة القرآن*واضحة بساطع البرهان)

"Maka(dengan lantaran ilmu bayan menetap  dihati)para ulama' dapat menglihat dengan penglihatan hati pada muk'jizat alqur'an yg nyata dengan dalil pula"

PEMBAHASAN

_lafadz فابصروا yg bermakna melihat dengan mata hati

_lafadz  معجزة القرآن definisi mukjizat adalah: sesuatu yg luar biasa yg diberikan kepada para nabi dan rasul.
Ada dua dalil yg menetapkan bahwa alqur'an itu merupakan mukjizat yang diberikan kepada nabi muhammad,yaitu:

1.kandungan isi alqur'an berupa TAUHID (meng ESA kan allah)dan menunjukkan perkara yg gaib,hail ini bukan dalam kategori kecakupan manusia.

2.Allah berfirman:
قل لئن اجتمعت الانس والجن ّ على ان ياتوا بمثل هذا القرآن
Dan "katakanlah wahai (muhammad)! Kalau sekiranya manusia dan jin berhimpun (mengadakan permufakatan) untuk mendatangkan alqur'an ini...

(وشاهدوا مطالع الانوار *ومااحتوت عليه من اسرار)

""Dan para ulama itu menyaksikan (dengan penglihatan hati) sumber cahaya(ilmu allah/makna makna lafadz.alqur'an) dan segala rahasia yg terdapat di dalam ilmu "

PEMBAHASAN

_lafadz وشاهدوا bermakna المشاهدة لعين البصيرة (melihat dengan penglihatan hati)

_lafadz مطالع الانوار makna asalnya :"sumber cahaya "yg dikehendaki adalah makna makna lafadz alqur'an,hal ini merupakan makna dengan cahaya dan menyerupai lafadz lafadz alqur'an dengan manthuli'k(sumber)merupakan masing masing tempat keluar dan kejelasan satu perkara.

MAKNA BAIT
"Para ulama' dengan lantaran perenungan dan pemikiran yg mendalam dari dalam hati yg sudah terisi ilmu bayan,bisa melihat dengan mata hati pada makna makna alqur'an yg laksana sumber cahaya ,dan mereka menyaksikan segala sesuatu yang tercakup di dalam alqur'an dari rahasia makna alqur'an yg tidak bisa dijangkau dengan akal,tetapi ada sebahagian makna nya yg hanya bisa ditemukan dengan penyinaran dari ALLAH,hal ini seperti firman ALLAH:
ومايعلم تاويله الا الله
Tidak ada yg mengetahui takwil  alqur'an kecuali allah

Wassalam,

Note: mudah bermanfaat baru tiga bait dari bait jauhar maknun...




No comments:

Post a Comment